Agar Bayi Terlahir Sehat, Ikuti Enam Cara Ini

Agar Bayi Terlahir Sehat, Ikuti Enam Cara Ini

Bila anda calon ibu yang sedang menantikan kehadiran seorang bayi, pasti berharap bayi dalam kandungan anda bisa terlahir sehat dan tidak cacat. Kelahiran seorang bayi ke dunia ini dalam keadaan cacat memang tidak dapat dihindari, keadaan seperti ini juga dapat terjadi pada seorang wanita sebelum dia mengetahui bahwa dirinya positif hamil. Untuk itu, dianjurkan bagi seorang wanita untuk menjalani pola hidup sehat sedini mungkin jauh-jauh hari sebelum mereka memutuskan untuk menikah.

Bagi anda calon orangtua, agar bayi anda terlahir dalam keadaan sehat, berikut ini ada enam cara yang wajib anda ikuti. Yuk langsung aja kita simak tipsnya dibawah ini.

Pertama : Mengkonsumsi Asam Folat Setiap Hari

Manfaat dari asam folat adalah untuk mencegah terjadinya kerusakan pada otak dan kerusakan pada sumsum tulang belakang. Selain itu asam folat bisa berguna untuk menurunkan resiko kelahiran cacat seperti, bibir sumbing dan cacat jantung. Manfaat lain dari asam folat yaitu dapat mengurangi resiko pre-eklampsia.

Kedua : Tidak Merokok

Bahaya yang bisa ditimbulkan akibat merokok selama kehamilan adalah bayi dalam kandungan bisa lahir prematur, menyebabkan bibir sumbing, dan kematian bayi. Hal ini bukan dialami oleh perokok aktif saja, perokok pasifpun akan mengalami hal yang hampir sama.

Ketiga : Melakukan Vaksinasi

Dengan melakukan vaksinasi akan melindungi ibu hamil dari infeksi penyebab kelahiran cacat, sehingga bayi akan terlahir dalam keadaan sehat. Sejumlah vaksinasi yang aman direkomendasikan selama masa kehamilan.

Keempat : Tidak Mengkonsumsi Alkohol

Bila ibu hamil mengkonsumsi alkohol, alkohol akan berdiam didalam darahnya. Alkohol dalam darah tersebut akan diteruskan ke bayi melalui tali pusat (plasenta). Efek alkohol ini terhadap bayi adalah dapat mempengaruhi perkembangan sel-sel tubuh bayi dan dapat mengganggu masa perkembangan otak bayi. Untuk itu, apapun jenisnya jangan pernah meminum segelas anggur selama anda hamil.

Kelima : Melindungi Diri Dari Infeksi

Selama masa kehamilan, beberapa infeksi bisa membahayakan janin yang ada dalam kandungan yang nantinya  bisa membuat bayi anda lahir dalam keadaan cacat. Infeksi ini bisa dicegah yaitu dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun secara teratur, memasak daging sampai benar-benar matang, dan selalu menjaga kebersihan tubuh secara menyeluruh.

Keenam : Berkonsultasi Dengan Dokter

Berkonsultasi dengan dokter kandungan secara rutin sangat penting bagi ibu hamil, karena dengan cara ini ibu hamil dapat mengetahui bagaimana keadaan bayi yang ada di dalam kandungannya. 
LihatTutupKomentar