Cara Akurat Mengetahui Kehamilan Secara Dini Melalui Test Pack


Anda sedang hamil?? Pastikan anda dan janin anda sehat. Ikuti petunjuk dari ahlinya dokter Riyani Limoa, SpOG. Info Selengkapnya »»

Cara Akurat Mengetahui Kehamilan Secara Dini Melalui Test Pack

Cara Akurat Mengetahui Kehamilan Secara Dini Melalui Test Pack - Salah satu cara termudah dan akurat untuk mengetahui bahwa anda sedang hamil adalah dengan menggunakan alat tes kehamilan yang biasa disebut dengan home pregnancy atau tespek (Test Pack). Alat tes kehamilan ini sangat mudah dicari dan tersedia di apotik, toko dan supermarket diseluruh Indonesia.

Apabila anda sudah terlambat haid dan merasakan adanya tanda-tanda kehamilan baik secara fisik maupun psikologis, sebaiknya anda segera memastikan apakah anda sedang hamil atau tidak dengan menggunakan test pack, sebab test pack dapat mendeteksi dini kehamilan dengan tingkat akurasi sebesar 99%.

Ada beberapa cara dalam melakukan tes kehamilan, yaitu :

Pertama, Pemeriksaan USG, yaitu dengan melihat janin secara langsung.
Kedua, Tes darah, yaitu dengan cara menguji kadar hCG.
Ketiga, Tes urine, Pada prinsipnya cara ini sama dengan menggunakan tes darah, yaitu dengan mendeteksi kadar hCG melalui urine.

Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai "Cara Akurat Mengetahui Kehamilan Secara Dini Melalui Test Pack". Tes ini merupakan cara termudah yang bisa anda lakukan sendiri di rumah tanpa harus repot pergi ke laboratorium. Nah langsung saja yuk kita simak pembahasannya dibawah ini

Pengertian Tespek (Test Pack)

Cara Cepat Hamil Test pack merupakan alat untuk mengetahui kehamilan secara dini dengan mendeteksi kadar hormon kehamilan atau hCG (human chorionic gonadotropin) yang berada dalam urine (air seni) atau darah yang diproduksi oleh sel telur setelah dibuahi dan menempel pada dinding rahim.

Setelah terjadinya proses pembuahan sel telur oleh sperma dan anda hamil, maka sel telur akan memproduksi hormon hCG dengan pesat 2x lipat setiap hari. Hormon hCG inilah yang akan dibaca oleh test pack kira-kira satu minggu setelah pembuahan.


Test pack atau alat tes kehamilan seringkali baru digunakan ketika anda terlambat haid. Padahal tes kehamilan juga bisa menunjukkan hasil akurat bila dilakukan 2 hari sebelum haid atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur.

Bila anda melakukan tes kehamilan terlalu dini, yaitu setelah berhubungan badan yang ditandai dengan perdarahan kecil atau flek, maka hasil yang didapat akan terlihat samar atau tidak begitu akurat. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, alat tes tertentu sudah bisa dilakukan 7 hari setelah berhubungan badan (pembuahan). Hal ini berarti anda sudah memasuki usia kehamilan bulan pertama.

Banyak produsen test pack yang mengklaim bahwa produknya mampu mendeteksi kehamilan pada hari ketujuh setelah berhubungan badan. Memang benar bila anda melakukan tes kehamilan pada hari ketujuh setelah berhubungan badan sudah dapat diperoreh hasilnya apakah anda positif hamil atau negatif hamil, walaupun terkadang masih samar garisnya.

Setiap produk test pack mensyaratkan waktu pelaksanaan tes yang berbeda-beda, tergantung pada tingkat kepekaan alat. Ada yang mensyaratkan tes dilakukan pada pagi hari, dengan alasan bahwa urine di pagi hari lebih pekat, sehingga deteksi kadar hCG (hormon kehamilan) oleh alat test menjadi lebih mudah.

Sedangkan pada beberapa alat tes yang lebih peka, disebutkan bahwa tes bisa dilakukan kapan saja. Pada kenyataannya produksi hormon kehamilan hCG pada setiap wanita itu berbeda-beda, tetapi pada umumnya test pack mampu mendeteksi dengan jelas pada 2 minggu setelah berhubungan badan (pembuahan).


Sebelum anda menggunakan test pack, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih test pack dengan benar. Pastikan bahwa test pack yang anda gunakan haruslah, Memiliki tanggal kadaluara.

Karena bila telah lewat dari tanggal kadaluarsa maka test pack tidak akan akurat lagi dalam mendeteksi kehamilan. Periksalah selalu tanggal kadaluarsa dari test pack yang anda beli. Pilihlah test pack yang memerlukan kadar hCG sedikit. Untuk informasi tersebut, anda dapat menanyakannya kepada apoteker di tempat anda membeli test pack.

Ada dua jenis test pack yaitu dalam bentuk strip dan compact


Pertama-tama, anda harus mencelupkan test pack berbentuk strip ke dalam urin yang telah ditampung dalam sebuah wadah, atau test pack berbentuk strip anda sentuhkan pada urin saat anda buang air kecil.

Saat test pack berbentuk strip menyentuh urin, biasanya akan terjadi perubahan warna, pertambahan garis atau tanda positif yang menunjukkan adanya hCG di dalam urin. test pack berbentuk strip umumnya akan menunjukkan dua garis merah sebagai tanda positif hamil.

Bila tidak ada hCG dalam urin yang akan muncul adalah tanda satu strip saja yang berarti negatif, atau tidak hamil.


Setelah melakukan uji kehamilan melalui test pack berbentuk strip, inilah hasil yang akan didapatkan:

Pertama:

Negatif hamil (tidak hamil) mempunyai tanda satu garis

Negatif hamil (tidak hamil) mempunyai tanda satu garis
Setelah melakukan test kehamilan akan didapatkan hasil test packBila hasil menunjukkan tanda satu garis berarti anda tidak hamil. Tanda satu garis itu sebenarnya merupakan garis control yang disertai dengan keterangan simbol huruf C yang menunjukkan bahwa penggunaan test pack anda sudah benar, tetapi pada garis kedua tidak muncul tanda, hal itu disebabkan karena pada urine anda tidak terdapat adanya hormon kehamilan hCG. Keakuratan test pack juga dapat mempengaruhi hasil test hamil cara urine ini bekerja. Anda akan yakin dan bisa merasakan ciri-ciri kehamilan anda, bila anda menggunakan test pack dengan sensitifitas yang baik, harga dari test pack ini biasanya akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan test pack dengan sensitifitas rendah.

Negatif hamil (tidak hamil) mempunyai tidak ada tanda Bila tidak ada tanda pada garis control dan garis kedua juga tidak muncul tanda dengan kata lain tidak ada garis sama sekali, hal ini berarti menandakan penggunaan test pack anda salah dan harus anda ulangi dengan cara yang benar untuk mengetahui hasil test hamil anda.

Kedua:

Positif hamil mempunyai tanda dua garis jelas ataupun samar.

Positif hamil mempunyai tanda dua garis jelas
Bila hasil test kehamilan anda terlihat adanya tanda dua garis jelas pada test packanda, maka 97 % anda hamil. Untuk memastikan anda benar-benar sedang hamil, anda bisa ke dokter atau bidan untuk test kehamilan kembali.

Positif hamil mempunyai tanda dua garis jelas dan samar
Saat anda melakukan test kehamilan, test pack menunjukan tanda dua garis samar-samar atau garis yang tidak jelas dan berwarna kurang terang atau tidak tegas berarti anda sedang hamil. Untuk memastikan kembali sebaiknya anda melakukan tes kehamilan kembali pada 7 hari berikutnya, karena kemungkinan besar hormon hCG anda belum begitu banyak dan beberapa faktor mempengaruhi penyebab hasil tespek samar-samar.


Pertama :
Tes kehamilan dilakukan terlalu dini.

Produksi hormon hCG pada tiap orang memang berbeda-beda, namun sesaat setelah pembuahan berhasil hCG belum langsung diproduksi. hCG diproduksi pada saat setelah berhasil menempel pada rahim yang biasanya terdeteksi 6 hingga 9 hari setelah ovulasi.

Kedua :
Sensifitas alat tespek.

Alat tespek punya sensitifitas masing-masing, keakuratan dan sensitifnya alat ini menjadi pembeda dalam kejelasan garis. Jika tespek sensitif garis lebih tegas dan jika kurang sensitif garis menjadi samar. Namun tetap saja jelas atau samar alat telah mendeteksi adanya hormon hCG, dan anda dideteksi sedang hamil.

Ketiga :
Urine terlalu encer.

Kekentalan urine bisa menunjukan hasil yang lebih tegas karena kadar hCG lebih tinggi. Terlalu banyak minum air membuat urine encer, sebaiknya kurangi minum sebelum melakukan tes. Sebaiknya gunakan urine ditengah dengan cara keluarkan sedikit dahulu lalu ditampung. Urine pada saat bangun tidur juga bagus karena lebih kental setelah terdiam selama satu malam.


Untuk penggunaan test pack berbentuk compact, anda bisa langsung meneteskan urin pada test pack.

Pada test pack yang berbentuk compact, jika urin yang disentuhkan mengandung hCG, maka akan muncul tanda positif. Sebaliknya jika urin tidak cukup mengandung hCG, maka yang muncul adalah tanda negatif, yang menunjukkan bahwa anda tidak sedang dalam keadaan hamil.

Sebaiknya anda memilih test pack dalam bentuk compact, yaitu yang memiliki wadah penampung urine, dibandingkan dengan bentuk strip, yaitu bentuk test pack dengan cara kerja dicelupkan kedalam wadah yang berisi urine. Untuk kenyamanan diri sebaiknya anda memilih tempat untuk tes kehamilan di kamar mandi atau toilet.


Seberapa besarkah sebenarnya test kehamilan sendiri di rumah menggunakan tespek? Sangat akurat. Meskipun diperkirakan 97% tingkat keakurasiannya namun dalam kenyataannya jika anda mengikuti petunjuk atau menggunakannya dengan benar maka akurasi test 99%-100%.

Jika anda menggunakan tes kehamilan dengan test darah akurasinya lebih besar yaitu 99,8% karena tingkat salah penggunaan alat sangat minim.

Yang mempengaruhi tingkat akurasi test hamil menggunakan test pack, antara lain:

Ketelitian anda dalam menggunakan test pack dengan benar. Cara penggunaan yang benar membuat tes hamil akurat. 

Kecepatan proses implantasi setelah terjadinya ovulasi dan pembuahan. Hal ini tergantung dari tiap-tiap individu. 

Kapan anda melakukan tes hamil. Terlalu cepat membuat test, menjadi tidak akurat karena hormon hCG belum dikeluarkan sebelum proses implantasi terjadi meskipun pembuahan berhasil. 

Sensivitas alat test kehamilan atau tespek 

Perhatikan test pack harus masih baik digunakan atau belum kedaluarsa.

Hamil anggur. yaitu kasus ketika terjadi pembuahan dan implantasi dan mengakibatkan munculnya hormon hCG tapi yang terjadi bukan hamil namun sejenis kanker. Dinamakan juga hamil palsu.

Demikianlah pembahasan tentang Cara Akurat Mengetahui Kehamilan Secara Dini Melalui Test Pack, semoga bermanfaat untuk anda semua.

Anda ingin cepat hamil?? Ikuti petunjuk dari dr. ROSDIANA RAMLI, SpOG! SEORANG DOKTER AHLI untuk masalah ini. Untuk informasi selengkapnya silahkan anda klik Di sini!

Anda sedang hamil?? Pastikan anda dan janin anda sehat. Ikuti petunjuk dari ahlinya dokter Riyani Limoa, SpOG.

PAKET IBU HAMIL dari dr. Riyani Limoa, SpOG terbukti berhasil membantu ibu-ibu hamil untuk menjalani kehamilan yang sehat dan mengurangi resiko cacat pada janin. Info Selengkapnya »»



SILAHKAN DI SHARE ARTIKEL INI



9 komentar:

  1. Terima kasih sangat bermanfaat sekaki

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama pak Khaznady Hirata, Semoga Bermanfaat

      Hapus
  2. test paack, cara sederhana namun akurat.

    BalasHapus
  3. Saya berhubungan tgl 26 juni,berarti jika ingin akurat tes nya tgl 10 juli baru bisa tes kan ya?

    BalasHapus
  4. Halangan saya dah trlmbat 4 hri,,
    Jdi kpan saya bisa test ya,,??

    BalasHapus
  5. Sy sdh sdh tlat ttp saat testpack hsilny msh ngtif trus pa yg hrus sy lkukn?

    BalasHapus
  6. Trus kalau mau gugurkan bulan pertama gimana yah

    BalasHapus
  7. tgl 18 berhubungan,kapan ya bisa test urine?

    biasanya haid tgl 9.
    harus nunggu tgl 9 dulu kah?

    BalasHapus