Cara Menghitung Tendangan Janin Dalam Rahim Ibu


Anda sedang hamil?? Pastikan anda dan janin anda sehat. Ikuti petunjuk dari ahlinya dokter Riyani Limoa, SpOG. Info Selengkapnya »»

Cara Menghitung Tendangan Janin  Dalam Rahim Ibu

Untuk mengetahui bahwa janin yang ada di dalam rahim ibu dalam kondisi sehat, bisa dengan merasakan tendangan janin untuk pertama kalinya setelah mengetahui detak jantungnya. Janin mulai aktif menendang pada usia kehamilan 7-8 minggu, tetapi tendangan itu baru dirasakan ibu hamil pada usia kehamilan 16-24 minggu, hal ini tergantung dari jumlah kehamilan sebelumnya, tebalnya lemak dan posisi plasenta.

Menurut spesialis pengobatan ibu dan janin Alice Cootauco, MD, dari St. Joseph Medical center di Baltimor via kompas.com "Ultrasonografi anatomis secara rutin pada usia kehamilan 19 sampai 20 minggu akan membantu kita menginformasi kelangsungan hidup kehamilan kita dan menentukan lokasi plasenta, jika plasenta dalam posisi tertentu sehingga menghalangi gerakan janin, tendangan pertamanya akan lebih sulit terasa."

Menghitung tendangan janin sangat penting, karena tendangan tersebut merupakan salah satu tanda janin dalam keadaan sehat sehingga ibu hamil bisa memantau kondisi kesehatan dan kesejahteraan janinnya. Setiap saat ibu hamil bisa menghitung tendangan janin dimana saja. Saat ibu merasakan adanya tendangan dalam rahimnya, saat itu juga sang ibu sedang meningkatkan keterikatan dengan janinnya atau dinamakan bonding antara ibu dengan janin.

Ketika janin mulai menendang, ibu mungkin akan merasa seperti ada yang menepuk dari dalam, merasa sangat mulas atau seperti ada gelembung udara yang naik ke permukaan, membesar, lalu pecah. Dan ada juga ibu hamil yang perutnya menjadi agak kembung atau seperti ada dorongan ringan yang berasal dari dalam perut.

Bila anda ingin menghitung tendangan janin dalam rahim, anda harus menghentikan semua aktivitas untuk sementara waktu, kemudian siapkan buku untuk mencatat jumlah tendangan janin, setelah buku siap kemudian mulailah berbaring dan perhatikan lalu hitung tendangan janin tersebut. Catat juga waktu dimulainya aktivitas ini.

Berikut ini adalah contoh tabel untuk mencatat tendangan janin. 

Waktu
Minggu
Menit

Minggu
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jumat
Sabtu

10








20








30








40








50







Jam
1








1,5








2







Contoh Tabel Untuk Mencatat Tendangn Janin


Yang harus anda perhatikan dalam menghitung tendangan janin adalah sebagai berikut :
Menghitung tendangan janin dalam rahim ibu sudah bisa dimulai saat ibu hamil dapat merasakan tendangan janinnya secara teratur. Biasanya ibu hamil sudah mengetahui atau menyadari kapan biasanya janin cenderung lebih aktif bergerak. Dianjurkan mulai kehamilan 28 minggu, ibu mulai melakukan perhitungan ini. 

Kedua
Pilih saat pagi, siang atau malam yang tepat ketika Anda merasakan bayi bergerak paling aktif, biasanya janin aktif menendang setelah ibu hamil ngemil atau makan makanan ringan. Usahakan melakukan pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan memberi hasil yang lebih akurat. Saat ibu merasakan janinnya sedang terjaga, segeralah ibu hamil duduk dengan kaki terangkat, atau berbaring miring, kemudian mulailah menghitung tendangan janin. Tonjokan atau kibasan tangan, menggeliat, berputar atau bergulung, bisa dianggap sebagai tendangan. 
Usahakan anda dalam posisi santai, bisa dengan duduk atau berbaring, bisa sambil mendengarkan musik, yang penting tidak melakukan aktivitas yang dapat menganggu. 

Keempat
Menghitung waktu yang diperlukan untuk 10 kali tedangan janin. Mulai menghitung, catat jam mulai, hitung setiap tendangan sampai 10 kali, catat jam terakhir mencapai 10 kali gerakan, dan jumlah waktu yang diperlukan untuk mencapai 10 tendangan ini. 

Kelima 
Tendangan yang dihitung adalah setiap gerakan, tinju, memutar dan bukan cegukan. 

Keenam
Bila merasa tendangan janin agak lama, cobalah berjalan atau mengubah posisi tidur. 

Ketujuh 
Bila dalam empat jam anda tidak merasakan tendangan atau dalam 12 jam tidak merasakan periode aktif janin anda, segera konsultasikan ke dokter.

Menghitung tendangan janin bisanya memerlukan waktu sekitar 10-15 menit sampai dua jam, jika si ibu memiliki tubuh yang gemuk, tendangan janin akan semakin sulit untuk dirasakan, begitu juga bila kehamilan anda semakin tua atau mendekati kelahiran, tendangan janin akan sulit dirasakan, karena janin semakin kekurangan tempat untuk bergerak. Bila anda menghitung 10 tendangan janin sampai memakan waktu lebih dari dua jam, segera hubungi dokter agar detak jantung janin dapat diperiksa.

Menghitung tendangan janin sebaiknya dilakukan setiap hari, penghitungan bisa dimulai sejak usia kehamilan 28 minggu atau 7 bulan sampai dengan persalinan. Menghitung tendangan janin sangat disarankan untuk ibu hamil dengan kehamilan beresiko tinggi seperti pada penderita diabetes mellitus gestasional, hipertensi gestasional atau preeklampsia, janin cenderung kecil dan lain sebagainya. Tetapi bagi ibu hamil tanpa faktor resiko tersebutpun juga dianjurkan. 

Demikian artikel Cara Menghitung Tendangan Janin  Dalam Rahim Ibu di buat, semoga bermanfaat untuk anda semua.


Anda sedang hamil?? Pastikan anda dan janin anda sehat. Ikuti petunjuk dari ahlinya dokter Riyani Limoa, SpOG.

PAKET IBU HAMIL dari dr. Riyani Limoa, SpOG terbukti berhasil membantu ibu-ibu hamil untuk menjalani kehamilan yang sehat dan mengurangi resiko cacat pada janin. Info Selengkapnya »»



SILAHKAN DI SHARE ARTIKEL INI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar